Press Release [Becuz]

Bagi dunia rilisan fisik musik, tanggal 16 April 2016 adalah tanggal penting. Hari itu, Records Store Day (RSD) diselenggarakan serentak di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Berbagai rilisan fisik dari beragam era diperjualbelikan dan dirayakan kehidupannya. Menjadikannya momen berharga bagi para pecinta rilisan fisik di dunia.

Hari itu, kemudian, menjadi momen yang semakin penting bagi Becuz karena pada tanggal itu, kami akan merilis singles kami yang berjudul Mantra Tanah Surga dan Satir dalam dua bentuk: CD dan digital. Singles ini merupakan pembuka dari album penuh kami yang rencananya akan rilis setelahnya. Nantinya album ini merupakan album kedua dari Becuz, setelah sebelumnya kami merilis album pertama berjudul Epilog pada akhir tahun 2013 silam.

Sebagai lagu pembuka, Mantra Tanah Surga dan Satir punya cerita tersendiri. Bahkan, cenderung berlawanan. Mantra Tanah Surga adalah ajakan untuk diri sendiri. Ajakan untuk menghentikan sumpah serapah tentang carut marutnya lingkungan sekitar kita. Toh bukankah kerusakan-kerusakan itu akibat kita, manusia? Jadi, alih-alih mencaci maki, mungkin ada baiknya kita melantunkan mantra dan doa. Memberdayakan kemanusiaan kita dan menyanyikan: “Berkatilah tanah kami. Berkahilah kami semua.” 

Sementara itu, Satir bagaikan inversi dari lagu sebelumnya. Satir memperlihatkan ketidakberdayaan kita sebagai manusia. Bahwa, pada satu titik, kita mungkin harus menyadari kapasitas kita. Menyadari begitu kecilnya kita dihadapan masalah-masalah besar. Sehingga, apapun yang kita lakukan – termasuk melantukan mantra – dunia bisa saja tak berubah. Tetap rusak, tetap celaka. Hingga, “kemana pedal nyawa akan kubawa, dunia kartun belaka.” 

Meski dua lagu ini berdasarkan pada kondisi dunia yang begitu pahit, kami tak akan membuatnya lebih pahit lagi. Dua lagu ini akan kami bagikan gratis. Iya! Gratis! Rilisan CD-nya akan kami bagikan cuma-cuma, namun terbatas, kepada teman-teman media dan records label di beberapa kota di Indonesia. Sementara, versi digital-nya dapat diunduh bebas di kanaltigapuluh netlabel. Dimulai dari tanggal 16 April 2016, teman-teman bisa mendengarkan dua lagu ini dimana pun kalian berada.

Jadi, selamat merayakan Records Store Day 2016 dan mendengarkan singles kami.

Cheers penuh kesenangan!!!

rilisan fisik.doc

catatan kaki : tulisan ini sebelumnya pernah dimuat untuk kepentingan band penulis, di unggah pada 16 April 2016 silam.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s